7 Tips Agar Jalan-jalan Liburan Lebih Aman & Menyenangkan

7 Tips Agar Jalan-jalan Liburan Lebih Aman & Menyenangkan [ www.Up2Det.com ]

Menjelang libur panjang akhir pekan ini, tidak sedikit yang merencanakan perjalanan panjang ke luar kota bersama keluarga atau sendiri untuk berlibur dan mengusir kepenatan kerja. Namun seringkali rencana perjalanan itu tidak dibarengi persiapan yang matang. Terutama persiapan fisik dan perlengkapan keselamatan.

Padahal persiapan-persiapan ini sangat diperlukan sebagai antisipasi agar tujuan pergi berlibur benar-benar tercapai. Tidak berakhir dengan keletihan, sakit atau bahkan kecelakaan yang bisa berujung kematian.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Prof dr Tjandra Yoga Aditama berbagi tips bermanfaat untuk sebuah perjalanan yang aman dan menyenangkan. Dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Kamis (17/5/2012), berikut 7 tips tersebut:

1. Dalam berkendara pastikan Anda dalam kondisi prima dan tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan yang menyebabkan rasa kantuk. Kondisi prima membantu Anda untuk lebih waspada dan siaga bila diperlukan.

2. Lengkapi alat pelindung diri seperti helm, pakaian lengkap dan sepatu bila berkendara sepeda motor. Bila melakukan perjalanan ke luar kota yang jauh dan akan melelahkan, maka sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor. Bila menggunakan mobil maka yakinkan sabuk keselamatan telah terpasang bila berkendara.

3. Bila menggunakan alat transpotasi umum lain yakinkan diri Anda mengendarai alat transportasi yang laik dengan memastikan ketersediaan alat bantu keselamatan seperti alat pemecah kaca pada bus, alat pemadam kebakaran pada semua moda transportasi, dan alat pelampung pada transportasi laut dan udara. Lokalisir jalan keluar terdekat bila terjadi keadaan darurat.

4. Patuhi aturan yang berlaku dan bila Anda berkendara dalam perjalanan panjang, beristirahatlah setiap 4-6 jam. Perjalanan panjang dan rasa lelah akan sangat berisiko bagi keselamatan.

5. Berkendara membutuhkan konsentrasi, hindari kegiatan lain selagi berkendara seperti menjawab telepon, menulis pesan SMS, BBM atau email atau kegiatan lain yang dapat membuyarkan konsentrasi berkendara Anda.

6. Pastikan obat-obatan emergency atau pribadi Anda tersedia selama perjalanan

7. Catatlah nomor telepon penting dan darurat bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan.

Itulah 7 tips ringan untuk membantu jalan-jalan Anda di liburan panjang pekan ini menjadi lebih aman. Selamat berlibur!

via DETIKNEWS

Sumber / Source

Arsip Blog