Kenangan Lembah Harau, Lukisan Alam yang Menggoda

Pesona lembah sempit atau yang lebih dikenal dengan nama Lembah Harau, memang tiada duanya. Seperti cerita dongeng saja, semua keindahannya terpampang nyata di depan mata Anda. Luar biasa...!!! Demikian ungkapan yang terlontar bila Anda baru kali pertama mengunjungi Lembah Harau.
[imagetag] www.up2det.com [imagetag]
Foto : Mr. Jeffry Surianto
Lembah Harau merupakan salah satu obyek wisata yang terdapat di provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau terletak di Kabupaten Lima Puluh Koto, sekitar 15 kilometer dari Payakumbuh atau 47 km timur laut Bukittinggi, Sumatra Barat. Lokasi ini mudah dijangkau dengan kendaraan umum.
[imagetag] www.up2det.com [imagetag]
Foto : Mr.Jeffry Surianto
Obyek Wisata di Lembah Harau ini berupa tebing-tebing terjal yang kemiringannya hampir 90 derjat dengan permukaan tanah atau mungkin ada yang 90 derjat. Selama perjalanan, kita dapat menjumpai tebing - tebing granit unik yang menjulang antara 80 sampai 300 meter, serta kita akan menemukan jurang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Pasti...kita akan menemukan banyak keindahan yang memukau sepanjang jalan.
Dinding batu alam seperti Lembah Harau memang sangat jarang ditemukan di dunia. Banyak orang yang suka membanding-bandingkan Lembah Harau dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Padahal dua lokasi wisata ini memiliki perbedaan yang jauh. Walaupun sama-sama memiliki keajaiban alam yang mirip, tapi Grand Canyon tidak punya lembah datar yang dihiasi persawahan.

[imagetag] www.up2det.com [imagetag]
Foto : Mr.Jeffry Surianto
Memasuki objek wisata yang berlokasi di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, kita seakan dibawa ke dunia lain yang sungguh memukau. Di dasar tebing, bentangan sawah dan pepohonan hijau lagi rimbun membuat pesona Lembah Harau makin memukau. Padi menguning di antara dua tebing. Plus udara yang segar dan alamnya yang damai.., membuat siapa saja yang berkunjung akan semakin terpesona. Indah untuk dilukiskan...
Lembah Harau ini juga terbagi 2 daerah wisatanya yaitu Sarasah Bunta dan Aka Barayun. Di Sarasah Bunta terdapat 5 buah air terjun, dan di Aka Barayun cuman ada 1 air terjun. Air Terjun di Lembah Harau ini sangat jernih dan dingin, dan juga ada ikan-ikan kecil. Untuk air terjun di Aka Barayun sudah berupa kolam, dengan air yang bening sehingga jika kita tidak ikut "nyemplung" atau minimal merendamkan kaki dan berenang, kita akan rugi. Betapa nyaman dan sejuknya perasaan berlama-lama berada disekitar air terjun yang masih sangat alami ini...hmmm...SO FRESH....
[imagetag] www.up2det.com [imagetag]
Foto : Mr.Jeffry Surianto
Sedangkan yang di Sarasah Bunta penampungan air terjunnya masih alami sehingga bermain di air terjunnya jadi lebih asyik.Jika merasa bosan dengan air terjun doank, sebaiknya memilih lokasi ke Akar Berayun karena disana fasilitas lebih lengkap dan disana juga sudah dilengkapi oleh Cottage/Resort.

Kedua mata kita tidak akan beranjak dan bergeming memandangi keindahan dan keagungan ciptaan Allah ini. Sungguh. serasa kecil kita ini di hadapan ciptaanNya yang Maha Besar. Air terjunnya, luar biasa tinggi dan indah. Tak ingin rasanya kaki beranjak pulang meninggalkan air terjun ini.
[imagetag] www.up2det.com [imagetag]
Foto : Mr. Jeffry Surianto
Lembah Harau memang menciptakan seribu kenangan. Anda tidak akan punya satu alasan pun untuk tidak mengunjungi dunia kecil ini.
(fb/FB/bd)

http://vibizlife.com/detail/travel/kenangan-lembah-harau-lukisan-alam-yang-menggoda

Arsip Blog