Tips Menghilangkan Goresan Halus Atau Buram Pada Permukaan Transparan Mika, Akrilik Dan Plastik Akibat Cairan Kimia

[imagetag] http://1.bp.blogspot.com/_fIzO2KaMQpU/TRGBlJTWPMI/AAAAAAAAAGQ/gRLwQFAWXwo/s1600/Jam.jpg

Anda punya seabrek gadget mahal , ponsel , koleksi CD , helm motor atau arloji plastic dari merk ternama ? atau mungkin koleksi miniature mobil kesayangan ?

Cobalah perhatikan , hampir semuanya memiliki komponen plastic atau bahkan 100 % tebuat dari bahan sejenis itu. Sayangnya bahan plastic , mika dan akrilik rentan terhadap goresan yang berakibat buruk pada penampilan produk tersebut.

Beberapa kasus yg biasa menimpa gadget plastic kesayangan kita antara lain ialah :
  1. Menaruh gadget sembarangan. Misal di bawah bantal , diatas permukaan kasar ,ditaruh di saku celana atau ditempat terbuka yang rawan jangkauan anak anak.
  2. Mengelap gadget tanpa melihat kondisi lap dan permukaan gadget , sehingga bukan jadi bersih , malah jadi buram.
  3. Kena tumpahan parfum atau alcohol.
Untuk mencegahnya , simpan gadget pada sarungnya , gunakan pembersih khusus permukaan plastic dan kain lap halus. Singkirkan debu yg menempel secara perlahan dengan vakum cleaner kecil terlebih dulu sebelum dilap atau kwas halus secara perlahan.
Meski mencegah selalu lebih baik daripada mengobati , yang namanya apes kadang terjadi menimpa diri kita.

Saya sempat kesal dan bingung ketika jam tangan Swatch saya ( he he belinya sih di tukang loak ) ketumpahan parfum dan mencari cara jitu mengatasi hal ini. Kebanyakan orang menyarankan digosok pakai semacam silicone wax , bahkan dikalangan penggemar otomotif ada yg merekomendasikan penggunaan kompon ( kompon yg paling halus ).

Masalahnya , permukaan yg hendak ditangani sifatnya transparan. Jadi bahan semacam wax hanya akan 'mengisi ' goresan . Ini akan terlihat baik hanya pada permukaan solid yang bersifat tidak tembus cahaya spt bodi motor misalnya.

Sedangkan kompon tidak cocok untuk bahan transparan , karena menimbulkan efek pelangi dan silau pada kaca helm ketika digunakan pada malam hari. Lagipula tidak mudah mencari kompon khusus semacam itu.

Lantas bagaimana dong solusinya ?
Asalkan goresan tersebut tidak dalam , atau hanya ' tergerus 'buram seperti misalnya terkena cairan parfum maka anda bisa gunakan PASTA GIGI sebagai solusi jitu yang murah dan sangat mudah didapat.

Caranya ,matikan gadget, lepaskan casing atau mika dari gadget ( menghindari korsleting ) besihkan dulu permukaan mika dengan vakum cleaner atau kwas halus secara hati hati. Basahi lap halus , kain beludru halus atau semacam kanebo dan oleskan sedikit PASTA GIGI pada permukaan mika. Pastikan tidak ada debu atau pasir yang menempel pada lap, permukaan dan tangan kita , lalu gosok perlahan berulang ulang sampai buram atau goresan hilang.
Pada keping CD hasilnya musik bisa kembali diputar. ( kalau keping DVD ga bisa ).
Pada Jam tangan Swatch plastic , jadi bening lagi ( I prove it and its really unbelieveble)
Pada Kaca helm , goresan akibat debu pasir biasanya terlalu dalam. Jadi hasilnya tidak bagus.

Intinya kita semacam mengamplas tapi dengan bahan lunak untuk mendapatkan kilap.
Kain beludru khusus dan bubuk halus biasa digunakan industri logam untuk menggosok sample logam yg telah diamplas , sampai spt cermin untuk mendapat gambar struktur karbon dibawah mikroskop.

Produk plastic berupa arloji , Hp , laptop , toys terkadang harganya mahal dan produsen tidak menjual parts originalnya untuk memperbaiki kerusakan , Mudah mudahan dengan tips ini berjuta juta pengguna plastic dapat kembali tersenyum ga manyun lagi…..
Barang plastic bisa dipakai ulang dan mencegah global warming.
Selamat mencoba.
[imagetag]

Arsip Blog