Kiapas angin tanpa bilah berteknologi tinggi


Pada tanggal 18 Oktober 2009, James Dyson merilis sebuah produk baru yang disebut Dyson Air Multiplier. Dirancang untuk menggantikan kipas kecil diatas meja atau kipas besar, Air Multipiler dimaksudkan untuk memberikan aliran udara lebih halus dan bekerja dengan cara yang lebih aman dibandingkan produk sejenis. Ide untuk Air Multipliers berasal dari penemuan Dyson sebelumnya, pengering tangan Airblade.
Dinamika fluida dari seorang insinyur yang bekerja pada bagian desain menyadari bahwa sejumlah besar udara dipertahankan dalam pengering, dan memutuskan untuk memanfaatkan untuk tujuan lain. Kipas ini bekerja dengan udara dalam melalui inlet di pilar dasar sebelum ditekan keluar melalui outlet di ring atas. Jet udara dikirimkan melalui bentuk aerofoil cincin, menciptakan tekanan rendah lokal, sehingga menarik udara dari belakangnya karena berkurang kecepatannya dalam proses yang dikenal sebagai pancingan, properti efek Coanda. Setelah keluar hal tersebut memaksa udara di depan dan samping ikut terdorong kedepan. Dengan proses ini, sebuah impeller sikat kecil di basis fan daya dapat sebuah lubang udara yang jauh lebih besar tanpa menggunakan bilah kipas yang kencang. Pembuat dorongan udara di bagian bawah tidak benar-benar memiliki bilah, melainkan baling-baling.

Desain Bagi kipas bladeless yang hampir identik, telah pernah dipatenkan oleh Tokyo Electric Shibaura tahun 1981, tapi tidak pernah diproduksi. Klaim paten awal oleh Dyson ditolak oleh Intellectual Property Office, memutuskan bahwa itu "tidak dapat dianggap novel atau tidak dapat dipertimbangkan untuk melibatkan langkah inventif" dibandingkan dengan versi Jepang. Sebuah aplikasi paten berikutnya dari Dyson menyoroti perbaikan dinamika udara.


Cara Kerja Dyson Air Multiplier
Penampakan tambahan gan

Spoiler for klik:


Spoiler for klik:

Spoiler for klik:







sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7167280

Arsip Blog